Top

Cara Mudah Agar Makin Fokus Saat Belajar

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

10 Mar 2023

  |  

Edukasi

Keterampilan dalam menenangkan diri ternyata bisa meningkatkan prestasimu, lho. Coba bayangkan, saat hatimu tidak tenang. Kamu pasti bisa kehilangan fokus dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugasmu. Kamu membutuhkan waktu untuk menenangkan diri. Saat hatimu tenang, kamu bisa lebih fokus dalam melakukan banyak hal. Kualitas pekerjaan yang kamu selesaikan pun pasti akan lebih baik. Inilah beberapa cara untuk menenangkan drimu!

1. Menulis

Dilansir dari Ibuprofesional.com, dijelaskan bahwa jika seseorang sedang sedih, marah, kesal, takut, ataupun bahagia, bisa menjadikan menulis sebagai penyaluran emosi yang positif.

Sangat disarankan aktivitas menulis ini benar-benar dilakukan dengan menggunakan tangan. Selain berguna untuk melatih motorik halus dan kinerja otak yang lebih maksimal, kamu juga akan memiliki waktu untuk mengistirahatkan diri dari paparan radiasi layar monitor.

2. Berbagi Cerita

Temukan orang yang tepat dan kamu rasa nyaman untuk bercerita. Kamu bisa bercerita kepada sahabat, saudara, orang tua, dan lainnya. Selain memberikan ketenangan, saat kamu ada dalam suatu persoalan, kamu akan terbantu untuk mendapatkan perspektif yang berbeda, sehingga mengurangi kemungkinan bagimu salah memilih jalan.

3. Melakukan Teknik Pernafasan Teratur

Salah satu teknik pernafasan sederhana yang bisa kamu lakukan saat hati sedang galau adalah teknik pernapasan ritme teratur. Dilansir dari Cnnindonesia.com, cara melakukan teknik pernapasan ini adalah dengan cara merasakan udara yang mengalir di lubang hidung saat kamu menghirup udara.

Rasakan juga otot diafragma yang berkontraksi saat bernapas. Berkonsentrasilah pada pola pernapasan serta memperhatikan apa saja yang terjadi saat bernapas. Lakukan secara berulang-ulang. Hal ini sudah sangat ampuh menenangkan hatimu dan syaraf-syarafmu yang sebelumnya tegang.


Baca juga:

1. 5 Cara Praktis Melatih Anak Agar Terampil Mengelola Stres

2. Mendidik Anak Laki-Laki Menjadi Pribadi Tangguh dan Berkarakter


4. Melakukan Aktivitas Olahraga

Dilansir dari 180shooter.com, dijelaskan bahwa melakukan olahraga mengurangi hormon stres dan merangsang produksi endorfin, yang bersama-sama membantu mendorong relaksasi.

Bila kamu tidak punya cukup banyak waktu untuk melakukan olahraga, kamu bisa berjalan-jalan di rumah atau berlari di tempat di dalam kamarmu. Aktivitas ini akan sangat membantumu untuk mengeksplorasi energimu dan membuatmu semakin terlihat bugar serta membuat lebih tenang.

Yuk mengenal aneka olahraga dengan cara bermain gim dengan aplikasi di bawah ini!

5. Mendengarkan Musik dan Bermain Alat Musik

Dikutip dari Neuvanalife.com, dijelaskan bahwa musik diketahui memiliki efek mendalam pada emosi kita. Tempo yang lebih lambat dapat membantu menenangkan pikiran dan melenturkan otot.

Musik yang tenang bisa membuatmu lebih mudah untuk berpikir dan mengelola emosi dengan lebih baik. Kamu akan lebih mudah untuk berpikir secara positif dalam memandang setiap persoalan yang sedang kamu hadapi.

Bila kamu bisa memainkan alat musik, kamu bisa memainkannya juga guna memberikan efek ketenangan dalam batinmu. Otakmu akan bekerja dengan lebih optimal saat kamu memainkan kunci gitar serta menggenjrengnya atau memainkan pianomu.

6. Membuat Karya Seni dan Kerajinan Tangan

Ada banyak karya seni yang bisa kamu pilih untuk dilakukan, misalnya melukis, merajut, membuat kolase, membuat seni origami, dan lainnya. Saat kamu melukis, kamu bisa mengekspresikan perasaanmu dalam bentuk lukisan. Bila kamu bisa menghasilkan karya yang indah dan bernilai seni tinggi, kamu bahkan bisa menjualnya untuk mendapatkan penghasilan.

7. Merapikan dan Bersih-Bersih Kamar

Susana hatimu bisa dipengaruhi oleh ruangan di sekitarmu. Kamu akan lebih mampu untuk berkonsentrasi dengan baik saat kamarmu tertata rapi. Sembari bersih-bersih kamar, kamu juga bisa mengembalikan benda-benda yang telah kamu pakai ke tempat yang sesuai.

Saat kamu mencari benda yang kamu butuhkan, kamu akan lebih mudah untuk menemukannya. Kalau kamu bingung mencari benda yang sangat penting dan akan digunakan segera, kamu pasti bisa kehilangan kesabaran atau menjadi mudah lelah.

8. Membuat Daftar Pencapaian

Sadar atau tidak sadar, selama tubuhmu terus bergerak dan melakukan hal yang positif, kamu telah membentuk dirimu menjadi lebih baik. Saat kamu mau menyapu kamarmu, kamarmu akan terlihat lebih bersih dan tubuhmu pun akan menjadi lebih sehat. Saat kamu membaca suatu artikel, kamu telah belajar hal baru dan terekam dalam memorimu.

Tulislah pencapaian-pencapaian positif ini menjadi sebuah daftar. Tuliskan pada satu buku agar kamu bisa membaca ulang dan mengingatnya kembali. Kamu juga bisa membawa pencapaian-pencapaian positif ini di dalam ucapan doa-doamu. Kamu pasti akan semakin mampu bersyukur dan termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan semangat untuk mempelajari hal-hal baru.

9. Beristirahat Secara Teratur

Salah satu penyebab hatimu mudah galau, perasaan menjadi lebih sensitif, atau bahkan mengalami stres adalah karena kamu sedang kelelahan. Luangkanlah waktu untuk beristirahat. Perbaiki kualitas tidurmu. Lama waktu tidur terbaik dalam sehari adalah 7-9 jam dalam sehari. Namun, bila kamu terlalu sibuk untuk beristirahat karena tugas-tugas yang menumpuk kamu bisa melakukan instant sleep. Bagaimana caranya? Dilansir dari Shuteye.ai, inilah tutorial melakukan isntant sleep:

1. Rilekskan seluruh wajahmu, termasuk otot-otot mulutmu..
2. Rilekskan bahumu dan biarkan tanganmu jatuh ke samping tubuhmu.
3. Cobalah untuk merilekskan dadamu saat kamu menghembuskan napas..
4. Rilekskan bagian tubuh kaki, paha, dan betismu.
5. Jernihkan pikiranmu selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang membuat hatimu damai.

Semoga tips ini membantu kamu agar kamu bisa menyelesaikan segala tugasmu dengan kualitas yang memuaskan! Selamat mencoba!

Optimalkan keterampilanmu di bidang IT agar bisa bikin aneka konten edukasi yang menarik! Yuk belajar bersama Kelas Kreator Gamelab.id  Klik gambar di bawah ini kalau mau gabung!


Sumber Referensi:

     1. Freepik.com. (2022). Portrait cute little boy standing with arm [6]

     2. Shuteye.ai. (2021). How to fall asleep fast in 5 minutes [1]

     3. Neuvanalife.com. (2020). How does listening to music help relieve stress [2]

     4. 180shooter.com. (2016). Learning to relax to improve sports performance [3]

     5. Cnnindonesia.com. (2020). 5-teknik-pernapasan-yang-buat-tubuh-rileks-dan-tenang [4]

     6. Ibuprofesional.com. (2019). Ngobrol bareng psikolog menulis untuk mengatasi stres [5]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.