Top

Gimana Caranya Jadi Pembelajar Mandiri? Ini Cara Mudahnya

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

31 Jan 2023

  |  

Edukasi

Hai sobat Marbel, terutama untuk kamu yang duduk di bangku Sekolah Dasar. Apakah kamu masih perlu dipaksa orang tua agar mau belajar? Atau, apakah kamu masih kesulitan mengatur waktu belajarmu? Bila kamu masih memiliki kebiasaan ini, maka kamu perlu belajar untuk mengembangkan diri menjadi seorang pembelajar mandiri.

Dilansir dari Blog.innerdrive.co.uk, dijelaskan bahwa seorang pembelajar mandiri adalah siswa yang dapat bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri. Ia adalah siswa yang dapat mengambil inisiatif dan membuat keputusan yang baik tanpa perlu bantuan dari guru atau orang tua.

Bila kamu mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah introspeksi diri dan mengevaluasi kembali tentang usahamu dalam mendapatkan nilai akademis yang baik. Kamu harus bisa mengambil sikap yang positif. Bersikap menyerah, menjadi stres, marah-marah dan menyalahkan orang lain adalah sikap yang perlu kamu hindari.

Setelah melakukan introspeksi diri dan mengevaluasi diri temukanlah sebab-sebab mengapa kamu mendapatkan nilai akademis yang kurang memuaskan. Faktor penyebab yang mungkin telah kamu lakukan adalah:

  • Kurangnya waktu belajar
  • Terlalu banyak bermain (terutama gadget).
  • Kurang waktu untuk beristirahat.
  • Kurang waktu berekreasi (pikiran menjadi tegang).
  • Dan faktor internal maupun eksternal lainnya.

Setelah mengetahui faktor penyebabnya cobalah untuk menemukan solusinya secara mandiri. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang tua dan guru untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan yang lebih banyak sebagai bahan pertimbangan. Namun, kamu tetap harus mencoba untuk menemukan solusinya secara mandiri.

Ayo kembangkan dirimu agar bisa menjadi anak yang mandiri dengan menonton dongeng berikut ini.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik?

  1. Mengatur waktu belajar di rumah yang lebih efektif.
  2. Bersikap aktif dan responsif saat pembelajaran di kelas.
  3. Mengerjakan tugas dan mengumpulkannya tetap waktu.
  4. Mengatur waktu istirahat agar tidak ngantuk atau lelah saat belajar di kelas.
  5. Mengatur waktu bermain gadget dan bermedia sosial.
  6. Memperbanyak kegiatan positif untuk mengembangkan keterampilan dan mengurangi bermalas-malasan.
  7. Memperbaiki manajemen waktu.
  8. Berperilaku yang baik dengan teman sekelas dan semua orang.
  9. Mampu memotivasi diri.
  10. Mencari teman belajar yang bisa saling mendukung dan menyemangati.
  11. Menggunakan media internet sebagai media edukasi, berkreasi, dan mencari informasi.

Agar bisa menjadi pembelajar mandiri, ada dua kecakapan yang perlu kamu kembangkan dalam dirimu, yaitu:

A. Kesadaran akan Diri dan Situasi

Kecakapan ini mengajak kamu untuk mulai memikirkan atau memahami potensi apa yang kamu miliki, cita-cita apa yang ingin kamu capai di masa depan, dan strategi apa yang ingin kamu buat untuk mencapai cita-cita tersebut. Bila kamu ingin menjadi seorang wartawan, maka kamu harus belajar menjadi penulis yang baik, meningkatkan kemampuan public speaking, dan selalu tekun mengikuti informasi yang terbaru.

Kamu juga perlu menyadari potensi-potensi yang kamu miliki dan bagaimana cara mengembangkannya untuk bisa menjadi seorang wartawan yang baik. Misalnya, bila kamu merasa memiliki suara yang bagus, rajin-rajinlah melatih vokal dengan berlatih secara mandiri atau mengikuti les vokal, sehingga suara kamu akan menjadi lebih bagus dan berkarakter bila mendapatkan tugas sebagai reporter.

B. Regulasi Diri

Regulasi diri adalah kemampuan untuk bisa mengatur dirimu sendiri demi mencapai cita-citamu di masa depan, sehingga kamu bisa selalu ada di jalur yang benar dan siap menjadi tenaga yang ahli di bidang tersebut. Dinamika hidup terkadang memang tidak sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan. Namun, kamu tidak boleh menyerah begitu saja dan bisa bersikap tenang, sabar, dan tegar saat mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan dan bisa menghambat perjalanan hidupmu.

Atau bila kamu mengalami kegagalan demi kegagalan, kamu harus mampu untuk kembali melakukan introspeksi diri dan mengevaluasi diri. Setelah menemukan solusi, kamu harus tetap semangat dan pantang menyerah untuk mencapai apa yang kamu cita-citakan.

Yakinlah bahwa setiap usaha, setiap hasil, dan apapun yang kamu pelajari pasti berguna bagi perkembangan dirimu, serta akan memudahkan jalanmu untuk mencapai cita-citamu.

Sobat Marbel, dari uraian di atas, ada lima hal penting yang perlu kamu cermati agar bisa menjadi seorang pembelajar mandiri, yaitu:

1. Pilihlah Cita-Cita dan Keyakinan untuk Bisa Mencapainya

Pilihlah satu buah cita-cita yang paling kamu idam-idamkan. Tidak ada salahnya juga untuk memiliki pilihan ke-dua, ke-tiga, atau ke-empat sebagai cita-citamu, karena teknologi masa kini bisa memadukan dua atau lebih cita-cita menjadi sebuah cita-cita yang unik. Misalnya, kamu ingin menjadi seorang game developer dan pelukis ternama. Kamu bisa menciptakan karakter game yang kamu ciptakan sendiri menjadi tokoh utama di dalam game yang kamu ciptakan.

Sikap pantang menyerah dan mau belajar dari pengalaman adalah hal yang penting, terutama saat kamu mengalami kegagalan.

Kamu mau menjadi ilmuwan yang handal dan terkenal? Yuk, kembangkan pengetahuan kamu dengan aplikasi Marbel Science. Kamu akan mendapatkan aneka pengetahuan dalam bidang Sains dengan cara yang fun. Unduh aplikasinya dengan klik gambar di bawah ini!

2. Membuat Rencana dan Jadwal Belajar Secara Mandiri

Dengan membuat rencana dan jadwal belajar secara mandiri, kamu akan belajar tentang sikap bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Kamu tidak akan menyalahkan orang lain saat apa yang kamu rencanakan mengalami kegagalan. Namun, kamu akan cepat mengambil sikap yang positif untuk memperbaiki apa yang sudah kamu rencanakan.

3. Membangun Sikap Berusaha dan Berjuang secara Mandiri

Berusahalah mencapai apa yang kamu inginkan secara mandiri. Namun, bila kamu menemukan suatu persoalan dan kesulitan dalam menemukan solusinya, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi kepada orang yang kamu percaya. Saat kamu berusaha dan berjuang dengan caramu, tetaplah memprioritaskan pemikiran dan idemu sendiri dalam menyelesaikan setiap persoalan dan melalui setiap rintangan.

Ayo menjadi pembelajar mandiri dalam bidang studi Matematika. Belajar mandiri jadi lebih asyik dengan aplikasi di bawah ini!

4. Bersikap Tidak Mudah Menyerah

Dilansir dari Innfinity.in telah dijelaskan:

“Beruntunglah mereka yang tidak merasa ‘kehilangan muka’ bahkan saat mengalami kemunduran berulang kali dalam hidup. Karena hanya sikap hidup yang salahlah yang bisa membuat kita gagal sebelum kita berhasil.”

Penulis di dalam innfinity.in ingin menjelaskan kepada kita bahwa banyak orang tidak mampu memperoleh keberhasilan karena salah mengambil sikap saat mengalami kegagalan, misalnya menjadi terpuruk, down, dan sulit bangkit kembali. Sikap terus berjuang, serta mau mencoba, dan pantang menyerah adalah sikap yang terbaik agar kamu bisa meraih keberhasilan.

Tetap semangat dan jangan pernah menyerah untuk terus belajar. Bila sobat Marbel ingin menambah pengetahuan tentang tata surya dan benda angkasa, silakan belajar dan bermain dengan aplikasi di bawah ini. Asyik dan Edukatif banget!

5. Selalu Cari Cara Baru

Saat mengalami kegagalan atau suatu kesulitan bertekunlah dan bersikaplah pantang menyerah untuk menemukan cara baru demi mencapai cita-citamu. Kuasailah keterampilan-keterampilan baru, susunlah strategi yang baru, berelasilah dengan teman-teman baru, atau bergabunglah dengan komunitas-komunitas positif yang baru. Semua itu akan mendukungmu dalam mencapai apa pun yang menjadi cita-citamu.

Salam sukses selalu sobat Marbel!

Baca juga:

Sumber Referensi:

  1. Innfinity.in. (2020). Never give up attitude [1]
  2. Blog.innerdrive.co.uk. (2020). Become independent learner [2]
  3. Martín, E.S. (2022). 5 keys to teach kids to never give up [3]
  4. Kanal Youtube Kejarcita. (2022). Pelajar mandiri profil pelajar pancasila [4]
  5. Freepik. (2022). Kids classroom taking english class [5]
  6. Freepik. (2022). Asian girl using laptop computer online study [6]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.