Top

Bercita-cita Jadi Pemimpin Hebat? Ikuti Tips Cerdas Ini!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Feb 2023

  |  

Edukasi

Hai Sobat Marbel. Di masa depan, pemimpin-pemimpin hebat sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi dan perusahaan. Kamu perlu melatih diri untuk menjadi pemimpin hebat. Siapa tau kamu adalah salah satu pemimpin hebat itu. Jamrell Vincette Buynay mengatakan:

“Pemimpin-pemimpin tidak dilahirkan, mereka dibentuk. Meskipun terkadang terdengar klise, pepatah ini ada benarnya, karena keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin dapat dipelajari dan dikembangkan dari waktu ke waktu. Pemimpin juga tidak terbatas pada CEO dan pemilik bisnis. Siapapun bisa menjadi pemimpin, bahkan siswa Sekolah Dasar.”

Bagaimana dengan Sobat Marbel? Apakah sudah siap melatih diri menjadi pemimpin hebat? Yuk ikuti tips di bawah ini!

1. Berkomunitas

Dee Marques, di Happiness.com, mengatakan bahwa menemukan orang lain dengan nilai, minat, dan pandangan dunia yang sama membuat kita sadar bahwa kita tidak sendiri dan membuat kita merasa dihargai. Bergabunglah ke dalam satu komunitas yang beranggotakan orang-orang yang memiliki satu hobi, minat, atau visi yang sama dengan kamu; misalnya klub basket, grup band, grup vokal, sanggar melukis, kelompok belajar melukis, dan lainnya.

Dengan berkomunitas kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk bersosialisasi dan saling belajar dengan orang lain. Kamu juga akan terbiasa untuk berkomunikasi, berdiskusi, saling memperhatikan, dan berbagi dengan sesama. Saat kamu ada di dalam suatu masalah, kamu juga tidak akan merasa sendiri. Keterampilanmu dalam berkolaborasi dengan orang lain juga akan semakin berkembang.

Kamu akan semakin paham pentingnya berkomunitas dan melakukan kerjasama setelah menonton video dongeng di bawah ini!

2. Taat pada Orang Tua dan Guru

Saat kamu memasuki dunia kerja, kamu tidak akan pernah tahu akan memiliki bos yang seperti apa. Agar kamu terbiasa taat pada sosok otoritas, kamu perlu belajar menjadi anak yang taat pada guru dan orang tua. Mereka memang bukan sosok yang sempurna. Namun, mereka tentu jauh lebih berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang lebih luas. Kamu juga akan belajar untuk berperilaku sopan kepada orang yang lebih tua.

Bila orang tua atau guru kamu pernah melakukan kesalahan, tidak ada salahnya bila kamu memberikan pendapat atau masukan. Namun, tentu saja tetap dengan cara atau kata-kata yang sopan.

Agar kamu bisa tumbuh menjadi anak yang taat dan hormat pada orang tua, silakan dengarkan dongeng berjudul "Malin Kundang" dalam versi podcast di Noice.id. Kamu akan membuatmu banyak belajar tentang hal itu.

3. Mau Belajar dan Berani Mencoba Hal Baru

Di era digital seperti sekarang, ada banyak sekali soft skill yang perlu kamu pelajari. Jangan pernah mengatakan “aku tidak bisa melakukan itu”. Meskipun kamu merasa tidak memiliki bakat menggambar, tidak ada salahnya kalau kamu berlatih menggambar. Meskipun kamu tidak menjadi seorang ahli menggambar, tapi dengan menggambar kamu telah meningkatkan daya imajinasimu, kecerdasan senimu, dan kecerdasan emosimu.

Kamu juga perlu meningkatkan keterampilanmu dalam menggunakan perangkat komunikasi, misalnya mengedit gambar, mengedit musik, mengedit video, dan lainnya. Semakin banyak keterampilan yang kamu kuasai, kamu akan semakin banyak mendapatkan kesempatan untuk memiliki banyak teman dan mengembangkan diri di berbagai bidang.

4. Melatih Kemandirian

Sobat Marbel, agar kamu semakin tumbuh menjadi anak yang mandiri, kamu harus terbiasa melakukan segala sesuatu secara mandiri. Kamu bisa memulainya dengan menata kamar sendiri, menjaga kebersihan kamar sendiri, mencuci piring sendiri, dan lainnya. Bila kamu mengalami kesulitan dalam melakukan sesuatu janganlah mudah mengeluh. Namun, bila kamu memang benar-benar butuh bantuan tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari orang tua.

5. Melatih Problem Solving

Saat kamu ada dalam suatu persoalan, cobalah untuk menemukan solusinya secara mandiri. Kamu juga bisa mengajak orang-orang yang kamu percaya untuk berdiskusi atau berbagi dan menemukan solusi yang terbaik.

Kamu juga bisa berlatih keterampilan problem solving dengan aneka permainan, seperti bermain puzzle, bermain mainan balok, bermain Lego, dan lainnya.

6. Aktif Berkomunikasi

Saat kamu ada di dalam kelas atau saat pelajaran, rajin-rajinlah untuk merespon penjelasan dari guru. Kamu harus menjadi murid yang aktif dan partisipatif. Kalau kamu belum memahami suatu materi pelajaran, alangkah lebih baik bila kamu bertanya kepada guru.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang tuamu. Menceritakan aktivitas harianmu atau berbagi cerita pengalamanmu pada orang tua adalah pembiasaan yang penting untuk kamu lakukan setiap hari.

Berusahalah juga untuk bisa bergaul atau bermain dengan teman-teman sebaya baik di rumah maupun di sekolah. Semakin kamu aktif berkomunikasi dengan orang lain, maka keterampilanmu dalam berkomunikasi, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan sesama akan semakin keren. Hal ini akan sangat mendukung kemampuanmu untuk menjadi seorang leader.

7. Rajin Membaca

Buku adalah jendela ilmu yang akan membuka cakrawala kehidupan bagi pembacanya. Pemimpin yang hebat harus memiliki wawasan yang luas. Dengan membaca buku, kamu akan memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman baru. Kamu juga bisa menyerap ilmu dari orang-orang hebat yang menulis buku yang kamu baca. Yuk, ciptakan sifat gemar membaca dalam dirimu!

8. Asah Keterampilan Berbicara di Depan Publik

Saat pelajaran di sekolah tentu kamu memiliki banyak kesempatan untuk tampil di depan kelas, misalnya melakukan story telling, bernyanyi, berpuisi, melakukan presentasi, dan lainnya. Bila kamu mendapatkan kesempatan untuk bisa tampil di depan kelas, kamu harus berusaha melakukan yang terbaik. Asalkan kamu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, pasti kamu akan tampil lebih menarik dan percaya diri.

Saat tampil di depan kelas kamu harus yakin dengan dirimu sendiri. Kamu harus bisa mengalahkan rasa malu yang ada dalam diri, dan tetaplah menjadi dirimu. Kamu boleh mencontoh sikap-sikap pemimpin hebat saat berbicara di depan umum. Tapi, kamu adalah kamu yang punya potensi dan keunikan yang tidak dimiliki orang lain.

9. Menjaga Kepercayaan

Agar kamu bisa menjadi orang yang dipercaya tentu kamu harus memiliki karakter yang baik. Kamu harus bisa menjaga sikap dan kata-katamu.

Berhati-hatilah juga dalam menggunakan media sosial. Karena banyak orang bisa mengkonsumsi apapun yang kamu ketik atau yang kamu posting.

10. Bermental Kuat

Kamu harus yakin dengan segala bakat dan kemampuan yang ada dalam dirimu. Kamu harus menjadi pribadi yang rendah hati walaupun kamu lebih hebat dari orang lain dalam suatu bidang tertentu. Namun, sebaiknya kamu jangan merasa rendah diri bila kamu memiliki suatu kelemahan tertentu. Yakinlah bila kamu bisa menjadi dirimu dengan segala potensi yang ada dalam dirimu, kamu bisa tampil menarik di hadapan banyak orang.


Baca juga:

6 Aktivitas di Sekolah untuk Mengembangkan Leadership Skill

6 Ciri Anak Cerdas dan Cara Menstimulasi Kecerdasannya


Optimalkan Skill dan Kreativitasmu dengan Bergabung di Kelas Kreator Gamelab.id


Riri Valentine Promo Diskon Hingga Rp 100Ribu


Sumber Referensi:

  1. Marques, D. (2022). The importance of community [1]
  2. Freepik.com. (2022). Child boy blue t shirt writing paper plan [2]
  3. Buynay, J.V. (2022). The importance of developing leadership skills [3]
  4. Freepik.com. (2022). Kids classroom taking english [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.